Kegiatan berbelanja secara online sudah
bukan merupakan kegiatan yang asing dan baru untuk dilakukan. Dengan
dukungan jaringan internet, anda dapat membeli berbagai produk secara
online mulai dari produk fashion, produk kuliner, perlengkapan rumah
tangga, peralatan elektronik hingga jasa. Prinsip yang paling utama
dalam menjalankan transaksi jual beli online secara #ecommerce
sebetulnya sangat sederhana dan bermodalkan saling percaya. Tanpa harus
bertatap muka, anda akan terhubung dengan pihak penjual. Setelah anda
melakukan konfirmasi pembayaran maka pihak penjual akan segera
mengirimkan produk atau jasa ke tempat anda.
Sayangnya kemudahan proses transaksi
e-commerce tersebut seringkali dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung
jawab untuk melakukan upaya penipuan. Dengan iming-iming harga yang
super murah serta kualitas barang terbaik, mereka kemudian menerima
pembayaran yang masuk ke akun mereka namun tidak mengirimkan produk atau
jasa yang dijanjikan. Hal ini kemudian melatarbelakangi munculnya
berbagai ecommerce yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan
pembeli secara praktis dan aman. Salah satu startup berkualitas tersebut
adalah Tokopedia.
Konsep Tokopedia
Tokopedia (www.tokopedia.com) hadir sebagai e-commerce baru yang inovatif dan mengusung konsep kumpulan berbagai #toko online
di Indonesia. Segala aktivitas jual beli dan proses transaksi akan
dijamin keamanannya melalui perantaraan Tokopedia. Konsep ini diharapkan
dapat mewujudkan suatu bentuk mall online yang memprakarsai dan
mengkoordinasi sejumlah transaksi e-commerce.
Perjalanan Tokopedia dalam merintis
startup hingga sukses seperti sekarang ini bukanlah suatu hal yang
terbilang mudah. Awalnya dua orang anak muda bernama Leontinus Alpha
Edison dan Wiliam Tanuwijaya terinspirasi dengan Rakuten
(www.rakuten.co.id) , sebuah startup populer di Jepang yang mengusung
konsep mall online. Rakuten sukses menjadi mall online terbesar di
Jepang dengan mempekerjakan lebih dari 4000 karyawan serta memiliki
lebih dari 50 juta user yang teregistrasi. Konten lokal buatan Jepang
tersebut ternyata dapat meraih sukses besar dan mampu bersaing dengan
website lainnya seperti eBay atau Amazon.
Berbekal semangat, modal dari investor
serta perencanaan konsep yang matang, mulailah Leon dan Wiliam sepakat
untuk bekerjasama dan mendirikan sebuah startup online dibawah bendera
perusahaan PT. Tokopedia. Pemilihan nama Tokopedia juga melalui proses
yang cukup panjang dan menyita waktu. Karena biasanya nama startup
sekaligus dipergunakan sebagai nama domain dan menjadi salah satu ciri
khas bagi keberadaan sebuah #startup.
Sempat ingin menggunakan domain “belanjaaman.com”, namun akhirnya
tercetuslah ide untuk menggunakan nama “Tokopedia” yang terkesan lebih
unik, modern dan mudah diingat.
Keunggulan yang Diberikan Tokopedia
Menjadi penjual di Tokopedia tidaklah sulit. Anda dapat mulai membuka toko online Anda secara gratis dan anda juga akan mendapatkan sejumlah fasilitas dan fitur-fitur yang mendukung kemudahan berbisnis. Selain fasilitas berupa management toko,pengklasifikasian produk dan proses transaksi, anda juga akan mendapatkan sub domain untuk mempermudah akses menuju toko online anda.
Proses pemasaran produk di Tokopedia
dapat dilakukan dengan memajang produk-produk Anda pada fitur Etalase.
Dengan demikian kesempatan untuk memperoleh pelanggan-pelanggan baru
menjadi semakin besar. Sebagai pihak penjual, anda juga akan diberikan
fasilitas untuk menghitung ongkos kirim dan tracking order dengan mudah
tanpa harus mengakses langsung ke website yang menyediakan jasa
pengiriman paket. Hal ini dapat dilakukan karena Tokopedia sudah bekerja
sama dengan beberapa perusahaan jasa delivery terbesar di Indonesia.
Cukup masukkan informasi ukuran produk dan daerah tujuan pengiriman,
maka Tokopedia segera membantu proses penghitungan ongkos kirim dengan
cepat dan akurat.
Proses transaksi pembayaran juga akan
berlangsung aman melalui escrow account resmi milik Tokopedia. Tim
Tokopedia akan mengirimkan jumlah pembayaran kepada penjual setelah
mendapatkan konfirmasi penerimaan barang dari pihak pembeli. Panduan
lebih lanjut mengenai proses tersebut bisa anda lihat di website
Tokopedia.
Sementara bagi Anda yang ingin membeli
produk dari Tokopedia, Anda tinggal mengetik nama produk di kolom
pencarian atau menelusuri masing-masing kategori produk pada website
Tokopedia. Melalui fitur komunikasi Tokopedia yang diberi nama “Talk
About It”, Anda juga dapat berinteraksi secara komunikatif untuk
membicarakan produk yang ingin anda beli.
Saat ini startup yang berbasis di
wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini menargetkan jaringan kerjasama
yang lebih luas lagi dengan para pemilik toko online terkemuka di
Indonesia. Dengan begitu, Tokopedia dapat membantu mewujudkan kondisi
transaksi e-commerce yang aman, praktis dan terpercaya di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar